Asal muasal komputer dari pra-modern sampai modern
komputer hadir di dunia setelah mengalami beberapa proses perkembangan, asal muasal komputer berasal dari bahasa Inggris yakni "To Compute" yang artinya adalah "untuk menghitung", dan menjadi hal yang sangat wajar apabila asal muasal ditemukannya komputer dari sebuah alat hitung, pada jaman pra modern atau disebut juga dengan jaman kuno orang-orang terdahulu menghitung menggunakan peralatan seadanya, contohnya saja para pengembala yang mempunyai banyak hewan kembalaanya selalu menghitung kembalaannya dengan menggunakan sebuah pohon,
dengan cara melukai kulit pohon hingga membentuk sebuah simbol, atau ada yang menggunakan "kuipu" yakni menghitung dengan menggunakan bundalan-bundalan yang terdapat pada sebuah tali, baik itu tali tambang atau tali yang berasal dari sebuah pohon berbentuk akar atau rotan kecil yang dapat ditalikan atau membentuk sebuah bendulan, dan seiring perkembangan jaman seorang ilmuwan bernama Napier menemukan sebuah alat hitung dengan emnggunakan metode 9 x 9 tabel yang diberi nama dengan nama "Napier Bone" dan seiring perkembangan jaman sehingga tercipta sebuah alat mesin hitung elektronik yang berbentuk "Calculator" dan perkembangan semakin pesat hingga pada tahun 1944 seorang mahasiswa ari Harvard University bernama "Howard Aiken" yang pada waktu itu bekerja sama dengan IBM (International Business Machine) memperkenalkan kepada dunia komputer pertama yang diberi nama Mark I, kemudian komputer yang bernama Mark I ini digolongkan ke dalam komputer generasi pertama.
dengan cara melukai kulit pohon hingga membentuk sebuah simbol, atau ada yang menggunakan "kuipu" yakni menghitung dengan menggunakan bundalan-bundalan yang terdapat pada sebuah tali, baik itu tali tambang atau tali yang berasal dari sebuah pohon berbentuk akar atau rotan kecil yang dapat ditalikan atau membentuk sebuah bendulan, dan seiring perkembangan jaman seorang ilmuwan bernama Napier menemukan sebuah alat hitung dengan emnggunakan metode 9 x 9 tabel yang diberi nama dengan nama "Napier Bone" dan seiring perkembangan jaman sehingga tercipta sebuah alat mesin hitung elektronik yang berbentuk "Calculator" dan perkembangan semakin pesat hingga pada tahun 1944 seorang mahasiswa ari Harvard University bernama "Howard Aiken" yang pada waktu itu bekerja sama dengan IBM (International Business Machine) memperkenalkan kepada dunia komputer pertama yang diberi nama Mark I, kemudian komputer yang bernama Mark I ini digolongkan ke dalam komputer generasi pertama.
Pengguna Komputer bertambah semenjak adanya Internet
Pengguna komputer yang tadinya hanya orang-orang tertentu karena harga yang memang tidak teracpai dan dibilang mahal oleh sebagian orang Indonesia khususnya, maka tidak heran jika orang Indonesia sangat sedikit orang yang mampu memiliki komputer, namun seiring perkembangan peralatan teknologi Informasi ini, sekarang di Indonesia hampir seluruh lapisan masyarakat memilikinya, realitanya bukan komputer berbentuk PC yang dimiliki oleh mayoritas orang Indonesia melainkan komputer mini yang sering disebut dengan nama lain yaitu "Netbook" meskipun dengan cara credit, dan di Indonesia pengguna netbook dan laptop serta komputer sekarang sudah mewabah ke tingkat pelajar setingkat Sekolah Dasar, yang tadinya tidak pernah ada Mata pelajaran atau bidang study komputer sekarang hampir disetiap SD sudah terdapat pelajaran komputer berbeda halnya dengan waktu penulis masih SD, jangankan mata pelajaran komputer pelajaran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) pun belum ada, tapi dulu adanya PMP (Pendidikan Moral & Pancasila).
Penyalahgunaan Media Informasi oleh oknum pelajar
Pelajar umumnya selalu merasa penasaran akan hal-hal yang baru, begitu juga seiring perkembangan peralatan teknologi Informasi dan Komunikasi, setelah komputer dan laptop dimiliki banyak orang di Indonesia karena hadirnya berbagai macam jejaring social seperti Facebook, Twitter dan yang lainnya kini marak kalangan pelajar baik tingkat SD, SMP, SMA bahkan Mahasiswa dan tidak ketinggalan Tenaga Pendidiknya pun ikut serta dan berperan aktif dalam kegiatan jejaring social ini. Ada beberapa hal yang perlu dicatat dari kelebihan dan kekurangan dari penggunaan komputer dan Internet, penyalahgunaan media informasi seperti komputer yang dapat mengakses internet kini marak dibicarakan oleh pelajar, contohnya saja seiring perkembangan teknologi dan Informasi anak SD sudah bisa mengakses situs-situs yang dikhususkan oleh usia 18+, dan belum lagi anak SD, SMP yang mulai kecanduan Game Online, dan ini sangat membahayakan bagi kondisi kesehatan keuangan keluarganya, karena anak seusia pelajar bagaiamanapun uang yang dimilikinya hasil dari pemberian orang tua. maka darilah itu bagi pembaca yang membaca tulisan saya, harap berbaik hati dengan menegur seorang pelajar yang memang sudah terlalu lama duduk didepan komputer sebuah warnet untuk mengingatkan dirinya agar dapat menghargai waktu. Dan untuk para operator warnet haraplah mengontrol benar-benar melakukan management situs untuk pelajar. Dan untuk orang tua harap jangan terlalu sering memberikan waktu luang kepada anaknya dalam hal bermain di warnet, karena sedikit atau banyak kesalahan yang dilakukan oleh seorang anak akan berakibat fatal bagi orang tua.
semoga tulisan saya dapat menjadi manfaat.
Comments